rajaview

7 Langkah Perawatan Komputer Dari Hardware Hingga Software Agar Awet & Tidak Cepat Rusak

17 Sep 2020  |  141xDitulis oleh : Admin
7 Langkah Perawatan Komputer Dari Hardware Hingga Software Agar Awet & Tidak Cepat Rusak

Sebenarnya gampang saja agar perangkat komputer (PC) kita awet dan tidak gampang rusak, apalagi jika kita sudah tahu tahap-tahapnya apa saja yang harus dilakukan dari mulai perawatan hardware hingga software.

Untuk yang belum mengetahuinya pasti akan menghiraukan tentang perawatan komputer miliknya, tentu hal ini akan menyebabkan perangkat komputer miliknya akan cepat rusak, sayang sekali bukan? Apalagi jika perangkat komputer tersebut memiliki harga yang mahal seperti PC untuk gaming misalnya.

untuk merawat perangkat komputer memanglah sangat berbeda dengan perawatan barang elektronik lainnya seperti televisi, tape, atau radio. Lalu bagaimana sebenarnya cara merawat komputer dari hardware hingga software? Berikut ini beberapa tipsnya;

PERAWATAN HARDWARE (PERANGKAT KERAS)

1. Gunakan listrik Yang Stabil

Listrik yang tidak stabil bisa juga merusak hardware komputer, untuk mengatasi masalah ini adalah dengan bantuan alat Stabilizer agar listrik menjadi lebih stabil. Masalah listrik selanjutnya yang bisa mempengaruhi umur Perangkat komputer adalah pemadaman listrik yang secara tiba-tiba, dan masalah ini bisa di selesaikan dengan pemasangan alat UPS sebagai penyimpan daya listrik ketika listrik tiba-tiba padam. Sehingga komputer kita tidak akan langsung mati karena ada cadanga listrik dari UPS, jika terjadi pemadaman listrik sebaiknya segera lakukan Shut Down pada komputer karena cadangan listrik UPS biasanya hanya sedikit.

2. Matikan Komputer Dengan Cara Benar

Mematikan komputer yang benar memang ada prosedurnya, beda dengan kita mematikan perangkat elektronik lain yang tinggal tekan tombol ON/OFFnya saja. Berbeda dengan mematikan perangkat komputer yang harus melalui softwarenya terlebih dahulu, yaitu dengan mengklik tombol start lalu klik Shut down, setelah mati barulah kita matikan tombol power pada monitor dan CPUnya.

3. Maksimalkan Pendingin( Fan) Pada Komputer

Perangkat komputer memiliki sistem pendingin (fan) untuk mendinginkan perangkat yang ada didalam Central Processing Unit (CPU), biasanya fan tersebut berada pada otak kumputer (proccesor) dan juga ada didekat Motherboard. Gunakanlah fan (kipas) yang benar-benar baik agar pendinginan pada perangkat dalam komputer bisa maksimal.

4. Simpan PC di Tempat Yang Aman

Simpanlah PC ditempat yang tidak terkena matahari, kering (jauhkan dari benda cair), jangan memposisikan speaker didekat monitor, serta rapikan kabel-kabel agar terhindar dari tikus atau tersangkut benda lain.

 

PERAWATAN SOFWARE (PERANGKAT LUNAK)

1. Gunakan Instalan Perangkat Lunak Original

Entah seberapa berpengaruhnya jika menggunakan perangkat lunak original, tetapi untuk berjaga-jaga gunakanlah perangkat lunak original agar meminimalisir terjadinya error pada kinerja software. Terutama untuk sistem Windowsnya wajib menggunakan perangkat lunak original agar kenyamanan saat menggunakan sistem lainnya tidak akan terjadi kendala.

2. Lindungi Sistem Komputer Dengan Anti Virus Yang Update

Jangan sampai perangkat lunak atau software terkena virus, karena akan sangat berbahaya jika sampai terkena virus maka semua sistem bisa saja terkena bahkan jika kita menggunakan alat pemindahan data (flashdisk) bahkan bisa menular ke perangkat lain yang juga tidak di proteksi dengan anti virus.

Jika sampai terkena virus maka mau tidak mau perangkat lunak harus dilakukan instal ulang agar software terbarukan dan virus komputer tersebut hilang.

3. Lakukan Pembersihan Software

Dalam membersihkan software atau memaksimalkan sistem software bisa dengan cara meminimalisir aplikasi yang tidak terpakai dengan cara menghapusnya. Lakukan pembersihan sampah secara maksimal dengan bantuan Ccleaner, atau lakukan Fregmentasi (Disk Defrag) jika sistem mulai terasa berat atau lemot.

Itulah cara perawatan perangkat komputer yang sederhana dan mudah, jika sudah mengerti silahkan praktekan agar komputer awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat !

 

 

 

 

Berita Terkait
Baca Juga: