RajaKomen

Apakah Anda Kesulitan Mengatasi Screen Time Pada Anak Anda? Inilah Tips Mudah Dalam Mengatasinya

2 Mei 2023  |  202xDitulis oleh : Admin
Apakah Anda  Kesulitan Mengatasi Screen Time Pada Anak Anda? Inilah  Tips Mudah Dalam Mengatasinya

Sayangi anak Anda dengan cara membatasi screen time mereka. Sekarang ini teknologi  bukanlah suatu hal yang bisa dihindari. Hal ini dikarenakan dunia bergerak kearah semua serba teknologi. Bahkan untuk sekedar membeli makan sehari-hari bisa melalui smartphone.

Karena banyaknya aplikasi dan permainan yang berada di dalam  smartphone dapat menyebabkan anak menjadi  kecanduan. Dan dimasa pertumbuhan  yang sedang dilaluinya, apakah  penggunaan smartphone  dapat mengganggu kesehatan matanya?

Screen time  adalah waktu yang dihabiskan oleh  seseorang didepan layar elektronik, seperti  layar ponsel, tablet maupun televisi. Pembatasan waktu untuk menghadap layar elektronik harus segera  diterapkan orang tua kepada anak-anak.

Diawal usia anak-anak, mereka harus diberikan pembatasan waktu dalam menggunkaan elektronik. Dalam hal ini, penting bagi orang tua untuk mengajak dan mengajari  anak-anaknya  untuk mengeksplorasi apa saja  yang berada di lingkungan sekitarnya.

Berikut  ini beberapa tips mengurangi screen time anak:

  • Melakukan Kegiatan  yang Produktif

Melakukan kegiatan yang produktif diwaktu senggang dapat meningkatkan keterampilan  anak dibandingkan dengan menghabiskan waktu luang dengan bermain ponsel. Nah dalam hal ini Anda dapat mengajak anak-anak Anda untuk melakukan kegiatan yang produktif  ketika waktu  belajarnya sudah selesai  .

Misalnya seperti melakukan hobi  atau melakukan kegiatan yang bisa mengembangkan bakat anak dan cara ini dapat membantu Anda dalam mengatasi screening time untuk anak.

  • Batasi Penggunaan Ponsel

Untuk  membatasi screening time pada anak yaitu dengan menentukan  waktu penggunaan ponsel per harinya. Pembatasan dalam menatap layar gadget sangat penting bagi anak. Jika tidak dibatasi dengan bijak, penggunaan gadget yang berlebihan di usia dini dapat memicu gangguan mental, fisik, dan emosi anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menetapkan jadwal penggunaan ponsel bagi anak di setiap harinya.

  • Mengatur Jadwal Anak

Jika anak tidak mampu mengatur jadwal dengan baik, mereka akan merasa kesulitan dalam menjalani rutinitas dan cenderung mudah lelah. Hal itu dapat menurunkan semangat mereka dalam belajar. Apabila semangat belajar anak menurun, mereka cenderung tidak fokus belajar dan memilih menghabiskan waktunya untuk bermain ponsel.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membantu anak-anak mereka dalam mengatur jadwalnya. Sebagai orang tua, Anda bisa mengatur jadwal belajar anak, kursus, dan waktu istirahat yang tepat untuk mereka. Dalam hal ini, orang tua harus benar-benar memahami batas kemampuan anak. Degan begitu, anak tetap merasa bahagia dan tidak tertekan ketika menjalani rutinitas yang telah Anda rancang dengan baik.

  • Menghilangkan Ponsel dari Pandangan Anak

Seringkali anak merasa tertekan dam imgin memberontak dengan peraturan yang diberikan orang tua, terutama dalam pembatasan penggunaan ponsel di rumah. Pada umumnya, anak-anak akan merasa kesulitan dalam mengontrol diri untuk tidak bermain gadget. Terlebih lagi, saat ini anak-anak kerap kali memamerkan games yang sedang mereka mainkan, bermain sosial media, video yang mereka tonton, dan lain sebagainya.

Dan  untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat membatasi jarak gadget dan anak di rumah ketika waktu belajar sedang berlangsung. Anda dapat membunyikan gadget dari pandangan mereka, misalnya seperti menyimpannya di dalam lemari atau di atas lemari yang tidak bisa dijangkau anak. Selain dapat membatasi screening time anak, hal ini juga dapat membantu anak untuk bisa fokus dengan kegiatan belajarnya.

  • Ajak Anak untuk Melakukan Kegiatan Fisik

Ajak anak untuk melakukan kegiatan atau aktivitas di rumah maupun di luar  rumah. Aktivitas ini akan sangat membantu  anak untuk menjaga  kestabilan dirinya  ketika  Anda  melakukan pembatasan penggunaan  gadget. Disini Anda bisa mengajak mereka untuk bermain di taman, bercocok  tanam, berolahraga dan sebagainya.

Selain dapat mengalihkan perhatian anak pada ponsel, aktivitas ini juga dapat membantu anak dalam meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Aktivitas ini juga dapat menguatkan ikatan tali persaudaraan di rumah dan kekompakan setiap anggota keluarga.

Demikianlah ulasan tentang screening time dan tips mengurangi screen  time anak. Hal  penting lain yang perlu dilakukan orang tua ketika ingin membatasi screening time anak, yaitu dengan memberikan asupan vitamin. Pasalnya, ketika anak-anak merasa kecanduan dalam bermain gadget, kesehatan anak akan terganggu sehingga penting bagi orangtua untuk memberikan asupan vitamin.

Berita Terkait
Baca Juga: