Obatkolesterol

5 Fitur Android 11 Serupa iOS

22 Jun 2020  |  52xDitulis oleh : Admin
5 Fitur Android 11 Serupa iOS

Setelah android 10 hadir di beberapa ponsel pintar yang ada kini google kembali merilis versi terbarunya berupa android 11. Masih belum resmi dirilis secara umum, tetapi sudah ada banyak bocoran tentang apa yang ada pada android 11. Kabarnya fitur yang dibawa oleh android 11 hampir serupa dengan fitur yang ada pada iOS. Daripada bingung, lebih baik kita simak pembahasannya di bawah ini.

1. Smart Home Control                                                                             

Pada sistem operasi Android 11, ada fitur terbaru yang disebut Smart Home Control. Fitur satu ini berfungsi untuk mempermudah akses pengguna ke fitur-fitur tertentu yang erat kaitannya dengan kendali rumah pintar gadget melalui tombol daya. Fitur canggih ini juga akan memudahkan pengguna dalam mengontrol perangkat yang terhubung dengan Google Home. Kabarnya, fitur ini serupa dengan HomeKit yang sudah ada pada sistem operasi iOS mulai generasi 10.

2. One Time Permission

Selain Smart Home Control, pada Android 11 terdapat fitur yang disebut One Time Permission di mana pengguna akan memiliki opsi agar aplikasi hanya bisa mengakses fitur tertentu saja. Misalnya Anda bisa opsi tertentu pada kamera, mikrofon dan data lokasi dengan satu kali (one time). Dan di iOS, fitur ini tergolong baru diimplementasikan, yakni iOS 13 pada tahun lalu.

3. . Media Switching Control

Fitur ini mempermudah pengguna untuk beralih ke output media eksternal. Dan fitur ini mirip dengan AirPlay pada Control Center iOS di perangkat Apple.

4. Screenshot Interface

Pada versi Android 11, nantinya ada preview hasil screenshot yang telah dilakukan di sudut bawah layar. Preview ini bisa di-tap agar kemudian langsung dilakukan edit atau share. Fitur ini serupa dengan fitur yang sudah lama ada pada perangkat Apple.

5. Screen Recording

Fitur ini hal baru, tetapi fitur ini adalah fitur pertama yang diusung oleh versi OS sekaligus dijadikan sebagai default system. Cara kerjanya mirip dengan cara kerja pada iOS. Fitur Screen Recording diakses dari menu Quick Settings pada Android 11, sementara pengguna iOS mengaksesnya dari Control Center.

Itulah fitur terbaru yang bisa Anda nikmati pada Android versi terbaru, yakni Android 11 yang mirip dengan fitur di iOS. Apakah smartphone Anda akan mendapatkan update OS? Tunggu kabar terbarunya!

Berita Terkait
Baca Juga: