Obatkolesterol

Tips Memotret ala Fotografer Profesional Pakai Smartphone

23 Jun 2020  |  47xDitulis oleh : Admin
Tips Memotret ala Fotografer Profesional Pakai Smartphone

Untuk menghasilkan foto berkualitas, kita tidak selalu harus menggunakan kamera mirrorless atau DSLR. Dengan kamera smartphone pun, kita sudah bisa menghasilkan foto ciamik ala fotografer profesional. Bahkan sudah ada banyak fotografer profesional yang menggunakan kamera smartphone sebagai alatnya. Tentunya penggunaan smartphone tergantung dengan kondisi yang dihadapi. Nah, jika Anda pengguna smartphone maka tidak ada salahnya mengikuti beberapa tips memotret ala fotografer profesional dengan smartphone. Hasilnya bisa Anda share di media sosial. Adapun tips-tipsnya adalah:

1. Fokus pada pesan yang ingin disampaikan

Bagus dan tidaknya sebuah foto itu bersifat subyektif. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Jadi, Anda tidak perlu berkecil hati jika hasil potret dianggap kurang bagus. Tetapi bagu profesional, foto menjadi bagus jika mampu menyampaikan pesan yang ingin diberikan. Maka agar bisa menghasilkan foto yang bagus, Anda haeus bisa fokus pada point of interest. Apa hal utama yang menjadi ketertarikan dari foto? Berikan kesannya pada itu. Kalau mau motret, potretlah dengab jelas alias jangan blur. Proporsi antar obyek pun harus sesuai.

2. Gunakan rule of thirds

Rule of thirds adalah teknik membagi bidang gambar menjadi tiga bagian secara horizontal dan vertikal. Lalu obyek utama dan elemen lainnya ditempatkan ke dalam gambar sepanjang garis pembagi dan persilangannya. Fitur ini sudah ada pada kamera smartphone. Dan dengan ini, Anda bisa menciptakan komposisi gambar yang seimbang dan baik hanya dengan smartphone. Meski begitu, tidak semua foto harus menggunakan teknik ini.

3. Single take

Fitur single-take bisa sangat membantu menangkap momen sekitar melalui foto atau video. Beberapa smartphone memiliki fitur ini. Dengan adanya fitur ini, pengguna dimungkinkan bisa melakukan pengambilan 10 foto dan 4 video hanya dengan sekali klik saja. Mode dari fitur ini beragam. Anda bisa menggunakan mode monokrom, protrait background blur, HDR dan lain-lain. Mungkin saja beberapa smartphone menggunakan istilah yang berbeda.

Demikian itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan foto profesional hanya dengan modal kamera smartphone. Hasilnya tidak kalah dengan kamera mirrorless ataypun DSLR kok.

Baca Juga: