rajabacklink

5 Kuliner Spanyol Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia, Cek Sendiri!

17 Okt 2020  |  76xDitulis oleh : Admin
5 Kuliner Spanyol Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia, Cek Sendiri!

Aghil - Indonesia sudah dikenal dengan keragaman makanan khasnya. Misalnya panada, roti goreng asal Manado yang memiliki isi ikan suwir dari cakalang atau tongkol. Makanan ini, ternyata Spanyol juga punya dengan nama empanada.

Selain empanada ini, ternyata ada beberapa makanan khas Spanyol lainnya yang memiliki bentuk yang mirip dengan makanan Indonesia, berikut selengkapnya.

1. Neula

Neula adalah kudapan asli Spanyol yang biasanya disajikan saat Natal tiba bersama dengan kue jahe. Neula ini biasa disajikan dengan teh, kopi atau cokelat hangat.

Jika dilihat dengan baik, bentuk neula ini tak berbeda jauh dengan kue semprong khas Indonesia. Neula sendiri berbahan dasar dari tepung terigu, putih telur, perasan lemon, dan mentega.

2. Panellets

Camilan kedua adalah panellets. Camilan ini cukup populer di kota Barcelona. Sepintas, panellets ini terlihat seperti teng teng beras yang juga dikenal dengan nama kue jipang di Indonesia. Perbedaan kedua camilan ini hanya ada pada bahan baku pembuatan.

Panellets berbahan dasar dari marzipan yang dicampur dengan kacang-kacangan.

3. Croquetas de bacalao

Dengan bahan dasar yang sama yakni kentang tumbuk, croquetas de bacalao ini kembaran dari si lonjong kroket. Bedanya, croquetas de bacalao menambahkan ikan kod pada resep pembuatannya.

Kroket ini banyak disukai oleh masyarakat Spanyol. Baik pada acara formal maupun tidak, croquetas de bacalao selalu hadir untuk dinikmati. Jika di Indonesia di kunyah bersama cabai rawit, di Spanyol dicolek ke saus.

4. Napolitanas de chocolate

Keempat, ada napolitanas de chocolate yang merupakan pastry blasteran Spanyol dan Prancis. Makanan ini tampak mirip dengan oleh-oleh khas Malang yakni strudel. Hanya saja, camilan ini berisikan cokelat seperti diwakilkan dengan namanya.

Napolitanas de chocolate menjadi sajian musim dingin masyarakat Spanyol yang disantap bersama kopi hangat.

5. Pinchitos

Terakhir ada pinchitos. Pinchitos ini merupakan kuliner warisan dari bangsa Moor yang populer di Andalusia. Makanan ini biasa ditemukan saat musim panas tiba. Makanan ini terlihat mirip dengan sate yang ada di Indonesia, yah.

Jenis daging yang dipilih biasanya berasal dari ayam dan domba. Sate khas Spanyol ini menggunakan racikan bumbu khas Timur Tengah yang bernama ras el hanout. 

Itulah 5 kuliner khas Spanyol yang terlihat seperti kembaran dari makanan khas Nusantara. Seperti kita tahu, Spanyol dahulu pernah menjajah Indonesia, mungkin hal inilah mengapa makanan kita tak berbeda dengan mereka.

Baca Juga: