Obatkolesterol

5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Tanpa Aplikasi Tambahan

25 Jun 2020  |  94xDitulis oleh : Admin
5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Tanpa Aplikasi Tambahan

Internet adalah hal paling penting dimiliki di era modern ini. Internet membantu Anda mendapatkan berbagai informasi penting paling baru. Anda bisa menggunakan kuota data seluler ataupun wi-fi untuk mengakses internet. Jika data seluler kurang memuaskan maka pilih saja wi-fi. Akses internet menggunakan wi-fi akan lebih cepat dibandingkan data seluler. Tetapi tidak jarang ada beberapa kendala pada wi-fi. Di beberapa kasus, sinyal wi-fi terkendala atau lemot. Jika mengalaminya, ada cara yang bisa dilakukan agar sinyal WiFi kembali kuat, di antaranya adalah di bawah ini.

1. Gunakan WiFi Terbaru

Jika ingin mendapatkan pengalaman akses internet yang cepat dan stabil, maka hal yang harus dilakukan adalah ganti wifi lama dengan wifi baru. Gunakanlah teknologi WiFu yang paling baru. Dari tipe terbaru tersebut, tentunya sudah ada berbagai peningkatan. Ada empat jenis teknologi wireless, yaitu A, B, G, dan N. Dan teknologi N adalah teknologi terbaru dan tercepat.

2. Posisi Router

Selain mengganti WiFi lama dengan yang terbaru, Anda juga perlu memutakhirkan router  ke firmware terbaru. Selain itu, atur juga posisi router yang tepat untuk mendapatkan sinyal WiFi yang kuat dan stabil. Pastikan pula agar router bebas dari beragam halangan karena sinyal WiFi dapat terhalang jika router terhalangi oleh banyak tembok di sekitarnya.

3. Jauhkan dari Perangkat Lain

Posisi yang tepat tidak selau menjadi cara untuk meningkatkan sinyal WiFi. Anda juga perlu memerhatikan bahwa tidak ada perangkat elektronik lain di dekat router. Karena hal ini bisa mengakibatkan sinyal WiFi melemah.

4. Gunakan WiFi Repeater

Anda bisa menggunakan WiFi Repeater untuk mengatasi sinyal WiFi lemah. WiFi Repeater ini mampu menerima sinyal WiFi dan memancarkan kembali sinyal tersebut agar lebih kuat. Meskipun akan ada budget tambahan, cara ini sepadan dengan hasilnya.

5. Restart Router

Setiap perangkat elektronik tentu akan mengalami masalah seiring berjalannya waktu, termasuk router WiFi. Untuk mengatasi masalah yang ada pada sunyal WiFi, Anda bisa melakukan reboot atau restart router secara rutin. Hal ini bertujuan agar kondisi router kembali segar dan siap digunakan kembali. Dan akhirnya, sinyal router WiFi pun kembali kuat dan kencang.

Itulah 5 cara mengatasi sinyal WiFi yang bermasalah. Anda bisa meningkatkan sinyal WiFi di rumah dengan cara-cara tersebut di atas.

Baca Juga: