Tryout.id

8 Buah Ini Dapat Menurunkan Kolestrol Tinggi

10 Sep 2020  |  95xDitulis oleh : Admin
8 Buah Ini Dapat Menurunkan Kolestrol Tinggi

Kolesterol dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja dengan baik. Meski begitu saat jumlah kolesterol dalam darah ini melonjak terlalu banyak, maka kolesterol tersebut dapat menempel pada dinding arteri pembuluh darah. Sehingga mengakibatkan menjadi tidak lancarnya peredaran darah serta meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. 

Untuk menurunkan kolesterol yang tinggi bisa dilakukan dengan cara alami misalnya menjalanu gaya hidup sehat, termasuk menjaga pola makan rendah lemak. Adanya beberapa makanan yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kadar kolesterol stabil dalam darah. Beberapa diantaranya berupa sayur dan buah buahan. Berikut dibawah ini 8 buah yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolestrol tinggi diantaranya yaitu :

1. Pisang

Pisang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dengan cara membersihkannya dari saluran pencernaan, sehingga kolesterol kolesterol tersebut tidak akan menyumbat aliran darah serta arteri. Dengan mengkonsumsi pisang setiap pagi, dijamin pembuluh darah dan jantungmu akan sehat. 

2. Stroberi

Kandungan polifenol yang kaya dalam stroberi merupakan senyawa nabati yang secara alami dapat membantu mengatur sistem pembuluh darah. Sebuah studi membuktikan bahwa stroberi dapat menurunkan kolesterol sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung. 

3. Tomat

Kandungan potassium, Vitamin A, dan Vitamin C yang tinggi dalam tomat sangat baik bagi tubuh.   Selain itu buah berwarna cerah ini juga mengandung antioksidan likopen. Senyawa ini terbukti secara signifikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

4. Apel

Dengan hanya makan satu buah apel saja setiap hari maka akan dapat membantu menjauhkan kamu dari dokter. Adanya sebuah penelitian yang membuktikan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah apel maka akan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah. Sebaiknya buah apel ini dikonsumsi bersama kulitnya. Pasalnya kulit buah apel mengandung senyawa antioksidan fenolik yang dapat membantu melancarkan peredaran darah. 

5. Alpukat

Kandungan lemak dan serat tak jenuh dalam alpukat dapat menyehatkan jantung. Sehingga dengan mengkonsumsi buah alpukat maka akan dapat membantu mengurangi risiko penyakut jantung dan stroke. Uji klinis secara konsisten menemukan bahwa alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

6. Anggur

Senyawa polifenol dalam anggur dapat membantu mengurangi kerusakan sel. Dengan mengkonsumsi satu hingga dua cangkir buah alpukat per hari dapat melindungi jaringan pembuluh darah serta mengurangi peradangan. Buah anggur juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

7. Lemon

Kandungan pectin, bioflavonoid, asam sitrat, Vitamin A, B1, B2, C, dan serat dalam Lemon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, mengatasi radang tenggorokan, meredakan flu, sariawan, hingga demam. Cara memanfaatkan lemon untuk menurunkan kolesterol tinggi ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mengkonsumsi air yang sudah dicampur air perasan lemon segar. 

8. Mangga

Mangga mengandung Vitamin C yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu buah tropis ini juga mengandung kalium yang tinggin. Kalium ini dapat menyeimbangkan sel cairan tubuh, mengontrol tekanan darah, serta detak jantung. Mangga tidak hanya dapat mengusir kolesterol jahat saja, tetapi juga bagus dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit jantung. 

Selain itu masih ada buah lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolestrol tinggi seperti pisang yang juga dipercaya efektif dapat menghajar kolesterol jahat. Pisang akan membasmi endapan lemak dari sistem pencernaan, sehingga endapan lemak tersebut tidak akan masuk kedalam aliran darah lalu menyumbat arteri. 

Berita Terkait
Baca Juga: