RajaKomen

Ketahui Tahap Perkembangan Bayi Usia 0 Hingga 12 Bulan Yang Perlu Diperhatikan

2 Jul 2022  |  198xDitulis oleh : Admin
Ketahui Tahap Perkembangan Bayi Usia 0 Hingga 12 Bulan Yang Perlu Diperhatikan

Kehadiran sang buah hati ditengah keluarga menjadi kebahagian tersendiri untuk ayah dan bunda. Dan sebagai orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik disetiap tahap perkembangan bayi dari waktu ke waktu.

Berikut ini beberapa tahap perkembangan bayi dari usia 0 hingga 12 bulan yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua

1. Perkembangan di Minggu Pertama Hingga 3 Bulan

Tahap perkembangan bayi pada minggu pertama, bayi belum memiliki pendengaran yang sempurna akan tetapi dapat mengenali suara sang ibu. Dan pada tahap ini juga si kecil sudah mulai memiliki kemampuan gerak yang cukup baik seperti menggenggam jari bunda.

Pada umumnya waktu memasuki bulan pertama, seorang bayi akan mengangkat kepalanya, merespon suara, memandang wajah hingga melihat pola warna hitam dan putih. Kemudian di bulan kedua si kecil akan mengangkat kepalanya dengan singkat. Dan perkembangan bayi ini akan berlanjut ketika memasuki bulan ketiga. Ketika mengangkat kepalanya si kecil akan menahannya dengan stabil. Dan juga sudah mengenali wajah, tersenyum dan tertawa.

2. Pertumbuhan Si Kecil di Usia 4 hingga 6 Bulan

Pada umumnya di bulan ke empat si kecil sudah dapat menahan berat badan dengan kakinya. Di tahap ini juga, si kecil sudah mulai berinteraksi pada saat diajak berbicara. Dan di bulan kelima beberapa bayi biasanya sudah mulai berguling dan mulai bermain sendiri dengan tangan dan kakinya. Kemudian pada bulan keenam buah hati bunda akan meniru suara hingga mulai belajar duduk sebentar tanpa bantuan. Dan juga selain itu si kecil diusia ini sudah boleh diperkenalkan dengan makanan padat.

3. Perkembangan Bayi Usia 7-9 Bulan

Tahap perkembangan bayi di usia ketujuh bulan sudah mulai merangkak dengan menggerakkan perut. Dan si kecil juga akan meniru suara dan meraih sebuah benda. Tahap selanjutnya adalah ia akan dapat memindahkan suatu benda dari tangan satu ke tangan lainnya. Selain itu ia juga sudah mulai merangkak. Dan di susia 9 bulan bunda dan ayah harus mulai bersabar, karena di tahap ini si kecil menyukai meraih, menjatuhkan dan melempar obyek. Jadi sebaiknya sediakan juga mainan yang bisa membantu mengembangkan motoric anak.

4. Pertumbuhan Si Kecil Usia 10 Hingga 12 Bulan

Usia 10 adalah tahapn usia yang ditunggu-tunggu oleh semua orang tua. Karena pada tahapan ini si kecil sudah mulai belajar untuk berdiri sendiri meskipun hanya bertahan beberapa detik saja. Lalu memasuki usia 11 bulan, si keci akan mengerti perintah sederhana dari ayah dan bundanya. Di bulan ke-12, bayi sudah mulai melangkah dan dapat menunjukkan keinginannya dengan menggunakan bahasa tubuh.

Bagaimana pertumbuhan si kecil Bunda sekarang ini? Apakah si kecil belum menunjukkan pertumbuhan sesuai tahapan di atas bunda tidak perlu khawatir ataupun risau, dan perlu diingat jika perkembangan bayi dari bulan ke bulan selalu berbeda-beda dan rutinlah untuk periksa keadaan si kecil ke dokter. Dan perhatikan juga setiap perkembangan si kecil.

Untuk menemani setiap perkembangan si Kecil tentunya dibutuhkan produk makanan atau perlengkapan bayi seperti popok bayi yang akan  selalu menemani si kecil. Popok bayi sekali pakai terbaik adalah popok yang tepat yang dikenakan si  kecil. Salah satu popok terbaik yang bisa Bunda gunakan untuk tahap perkembangan bayi  adalah produk dari brand Merries. Popok Merries merupakan popok produk dari Jepang yang memiliki daya serap tinggi, sehingga sangat cocok digunakan si kecil  tanpa khawatir akan bocor. Popok Merries dilengkapi dengan indicator air seni dan perekat pembuang popok yang akan memudahkan Bunda untuk membuang popok.

Untuk info selengkapnya tentang produk popok Merries, kunjungi situs www.merries.com. selain mengenai informasi tentang popok, disana bunda juga akan menemukan banyak informasi mengenai berbagai tips dan info tumbuh kembang si kecil.

Berita Terkait
Baca Juga: