rajaview

Langkah yang Harus Dilakukan Saat Motor Mogok Terendam Banjir

2 Jul 2020  |  115xDitulis oleh : Admin
Langkah yang Harus Dilakukan Saat Motor Mogok Terendam Banjir

Pada saat musim hujan, terutama di perkotaan biasanya sering mengalami banjir. Jika kita berada dalam perjalanan dan ternyata banjir maka kendaraan kita akan mogok. Hal ini berlaku pada sepeda motor dan mobil. Pada saat itu terjadi, anda tidak boleh panik. Agar tidak terjadi sesuatu yang merugikan nanti, ada baiknya untuk mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan saat motor mogok terendam banjir di bawah ini. Dengan begitu anda akan selamat dan motor pun tidak akan rusak.

1. Bawa motor ke tempat kering

Anda tidak perlu panik saat kebanjiran di jalanan saat membawa sepeda motor. Langkah yang perlu Anda lakukan agar tidak terjadi apa-apa pada motor Anda adalah membawanya ke tempat yang kering atau tidak tergenang air.

2. Jangan menyalakan motor

Langkah selanjutnya saat Anda mogok di tengah jalan dengan sepeda motor adalah anda tidak perlu memaksakan diri untuk menyalakan motor. Khawatirnya nanti akan ada air yang masuk ke dalam ruang mesin motor anda.

3. Melepas busi

Saat sepeda motor telanjur terendam banjir, Anda harus segera melepas busi motor. Busi yang basah dapat mengakibatkan sistem pengapian tidak akan berfungsi. Jadi lepaskan saja. Setelah anda sampai ke tempat yang kering, maka bersihkan busi dan pasang kembali.

4. Cek filter udara

Selanjutnya, anda perlu mengecek kondisi filter udara. Bagian ini tidak boleh terkena air sama sekali. Jika telanjur basah maka segera keringkan.

5. Memeriksa knalpot

Knalpot yang merupakan saluran pembuangan gas ini juga harus terhindar dari air. Jika air berhasil masuk, maka standar tengah motor dan posisikan knalpot di sisi paling rendah.

6.Nyalakan dan Panaskan motor

Setelah anda membawa motor kembali ke tempat yang tidak tergenang air dan mengikuti langkah-langkah sebelumnya, maka tahap selanjutnya adalah Anda menyalakan dan panaskan motor kembali tetapi jangan langsung dijalankan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tarikan gas sudah stabil.

Itulah beberapa langkah yang perlu anda perhatikan saat sepeda motor terendam banjir dan mengakibatkan mogok. Selain melakukan langkah-langkah di atas, ada baiknya agar anda menghindari tempat atau jalan yang rentan banjir.

Berita Terkait
Baca Juga: