hijab

Penasaran Kenapa Makanan Sehat Selalu Mahal? Ini Dia Alasannya

30 Jun 2020  |  95xDitulis oleh : Admin
Penasaran Kenapa Makanan Sehat Selalu Mahal? Ini Dia Alasannya

Hidup sehat itu mahal..... kenapa sih?

Di era modern ini, semakin banyak orang yang menyadari akan pentingnya menjalani rutinitas yang sehat, selain memperpanjang angka harapan hidup, rutinitas sehat akan membuat penampilan lebih menarik dan membuat diri lebih bertenaga.

Namun, ada satu isu yang sering dihadapi oleh komunitas sehat di seluruh dunia, yakni harga yang mahal.

Harga makanan sehat yang mahal ini selalu menjadi perdebatan masyarakat karena jika makanan cepat saji seperti pizza, burger, fried chicken bisa didapat dengan harga yang murah, kenapa untuk sehat itu harus bayar mahal?

Sebelum anda menyalahkan sistem ekonomi atau pemerintah, sebaiknya lihat dulu 5 alasan berikut ini.

1. Permintaan yang tinggi

Alasan yang simpel kenapa makanan sehat itu lebih mahal daripada junk food adalah permintaan untuk makanan sehat semakin meningkat.

Perusahaan dan pertanian dapat menghasilkan jumlah produk makanan yang banyak, akan tetapi mereka membutuhkan banyak waktu juga untuk memproduksi makanan  sehingga dengan tingginya permintaan dari pasar, mereka meningkatkan harga untuk menjaga persediaan.

2. Bersertifikat

Industri makanan memiliki tingkat regulasi yang ketat demi menjaga kesehatan masyarakat.

Setiap makanan sehat harus memiliki sertifikat organik. Di sini, satu kelompok petani akan dikenai biaya sekitar Rp 15 sampai 30 juta dengan masa berlaku tiga tahun.

3. Standar tinggi

Dikarenakan kata "sehat", maka pihak produsen khususnya peternak harus memberikan standar yang lebih tinggi untuk membudidayakan produk makanannya.

Mereka akan membutuhkan lebih banyak biaya untuk membudidayakan hewan ternak yang harganya bisa lebih mahal.

4. Biaya produksi

Biaya produksi untuk makanan sehat lebih mahal karena kemasannya berbeda dengan makanan biasa. Kebanyakan makanan sehat dilengkapi dengan kemasan kaca yang dapat didaur ulang.

5. Lebih banyak tenaga kerja

Seperti yang anda lihat biaya dan proses produksi yang terlibat dalam pembuatan makanan sehat memang banyak sehingga untuk mengoptimalkan prosesnya, para petani membutuhkan banyak tenaga kerja yang mengakibatkan harga untuk makanan sehat meningkat demi menutupi  beban dari karyawan.

 

Baca Juga: