RajaKomen

Pentingnya Penggunaan Big Data Analitycs Bagi Perusahaan dalam Menjalankan Bisnis

3 Jan 2022  |  224xDitulis oleh : Admin
Pentingnya Penggunaan Big Data Analitycs Bagi Perusahaan dalam Menjalankan Bisnis

Saat ini big data tidak asing lagi ditelinga pengembang perangkat lunak dengan skala proyek yang luas.  Penggunaan basis data sangat diperlukan untuk dapat mengelola, menyimpan, memanajemen segala informasi yang berbentuk data secara terstruktur dan tersistem. Sterdapat banyak perusahaan besar yang membutuhkan kapasitas data sangat besar untuk menyimpan data yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Big data merupakan kumpulan proses yang terdiri volume data dalam jumlah besar yang terstruktur maupun tidak terstruktur dan digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. Big data merupakan pengembangan dari sistem database pada umumnya. Dan yang membedakan adalah proses kecepatan, volume, dan jenis data yang tersedia lebih banyak dan bervariatif daripada Database Managemen System.

Big data memiliki beberapa fungsi penting dalam proses pengembangan dan penyempurnaan sebuah aplikasi. Berikut ini merupakan beberapa fungsi terkait dengan big data:

1. Dapat menentukan penyebab suatu masalah, kegagalan secara real time

Fungsi pertama dari big data adalah menentukan dan menganalisa penyebab dari suatu permasalahan yang terjadi di dalam sistem. Kemudian, dengan penggunaannya saat ini, juga dapat meminimalisir terjadinya kegagalan dalam proses penyimpanan data. Untuk hasil analisis tersebut dapat ditampilkan secara real-time. 

2. Pengambilan sebuah keputusan yang cerdas dan tepat

Big data juga dapat digabungkan dengan sistem dan perangkat teknologi cerdas seperti IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence). Tugasnya adalah untuk memberikan dan menyimpan data dan informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan sebuah produk. Misalnya saja smart city atau kota cerdas yang menggunakan bantuan kecerdasan buatan dan jaringan internet berskala besar yang mampu untuk menghubungkan tiap sudut kota, bangunan, dan infrastruktur pendukung lain. 

3. Mendeteksi sebuah anomali atau perilaku yang menyimpang dalam struktur bisnis anda

Fungsi yang ketiga adalah mampu untuk mendeteksi secara cepat dan tepat, bentuk atau proses kegiatan yang menyimpang dan berhenti karena ada kesalahan dari sisi teknis maupun non teknis. Big data juga dapat merencanakan beberapa opsi untuk mengurangi dan mengatasi anomali tersebut dengan lebih cepat untuk membantu aktivitas bisnis perusahaan atau organisasi anda.

4. Mengurangi biaya, waktu, dan meningkatkan performa produk aplikasi

Penyimpanan data dengan menggunakan sistem big data juga dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Kemudian, waktu dalam mengelola dan menjalankan sebuah operasi menjadi lebih cepat dengan transfer data diatas rata – rata sistem database lain.  Peningkatan performa juga menjadi kelebihan tersendiri untuk mendukung pengembangan perangkat lunak. 

Manfaat yang akan kita dapatkan dengan adanya big data adalah dengan adanya big data tentu saja dapat menghasilkan banyak manfaat bagi penggunanya diantaranya adalah :

  • Efesiensi dan efektivitas perjalanan bisnis jadi lebih meningkat
  • Menghemat biaya operasional perusahaan
  • Mendapatkan insight  atas adanya pasar dan pelanggan
  • Product development

Dengan big data maka pebisnis atau perusahaan bisa langsung scalling dan mempermudah proses yaitu dapat memahami stok data atau apa saja yang sudah dimiliki oleh perusahaan. Selalu melakukan evaluasai sehingga informasi yang didapat nanti bisa lebih akurat. Nantinya akan ada yang namanya tim big data, tim ini khusus menangi hal-hal yang berkaitan dengan big data, dan tim ini berfungsi dan kerjanya sangat krusial bagi perusahaan, maka selalu kelola tim big data dengan baik untuk bisa mencapai hasil yang bagus.

Jadi sangatlah penting penggunaan big data analytics ini yang membuat banyak perusahaan menjalankan bisnis dalam bidang tersebut dan salah satunya adalah bigbox sebagai perusahaan big data analytic yang dimiliki oleh Telkom Indonesia. Bigbox siap untuk melayani semua kebutuhan untuk analisis big data perusahaan anda dengan layanan terbaik, dengan hasil yang optimal dan juga proses yang sudah sangat jelas dan juga terjamin kualitasnya.

Baca Juga: