rajabacklink

Tips Supaya Mata Tetap Sehat Dan Terhindar Dari Iritasi

12 Okt 2020  |  308xDitulis oleh : Admin
Tips Supaya Mata Tetap Sehat Dan Terhindar Dari Iritasi

Siapa yang pernah mengalami iritasi mata? Tanpa disadari saat kamu keluar rumah atau berkendara, matamu akan terkena debu, dan saat bekerja didepan layar komputer. Dengan gejala tiba-tiba munculnya rasa gatal, mata merah, bengkak, bawah mata terasa gatal dan , sehingga menimbulkan iritasi pada mata. Selain karena alergi disebabkan virus dan bakteri melalui udara, tangan kotor setelah memegang benda lain, dan berinteraksi dengan hewan peliharaan juga merupakan faktor penyebab mata mengalami iritasi. 

Kebiasaan yang sering dilakukan tanpa disadari oleh anak-anak atau orang orang pada umumnya adalah mengucek-ngucek mata dengan keseringan sehingga muncul iritasi jadi sangat sensitif disebabkan tangan kotor kuman dan bakteri. Selain menjaga kebersihan dari hal kecil, kamu juga harus sering-sering cuci tangan saat memegang area sensitif , terutama mata sangat rentan terhadap virus dan bakteri

Untuk menjaga kesehatan mata ini, selain menjaga kebersihan tangan ternyata ada bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan dapat dimanfaatkan untuk mengobati mata iritasi diantaranya yaitu :

  • Ampas Teh

Saat kamu membuat Teh, maka ampasnya itu jangan dibuang karena sangat berkhasiat dan bermanfaat. Kandungan antioksidan dalam ampas teh bisa digunakan untuk mengompres mata iritasi. Kamu dapat membungkus ampas teh dengan kain yang super lembut atau kapas, lalu dikompreskan pada mata yang sakit. Setelah ampas teh ini dikompreskan maka dapat membantu menghilangi iritasi, menghilangkan gatal, dan melawan infeksi. 

  • Es Batu

Es Batu tidak hanya dapat membuat sebuah minuman menjadi segar saja, tetapi juga dapat menyembuhkan iritasi. Cara memanfaatkannya mudah, kamu cukup kompreskan es batu yang sudah dibungkus menggunakan kain lembut atau sapu tangan bersih. Kompres es batu ini dapat  membantu merelaksasi mata serta membantu mata lelah untuk kembali fresh, sehingga dapat beraktifitas kembali.

Selain itu, supaya mata tetap sehat dan tidak iritasi, ikuti beberapa tips dibawah ini : 

  • Sering Membersihkan Area Mata 

Sesering mungkin membersihkan area mata terutama setelah selesai menggunakan makeup. Apalagi setelah memakai maskara waterproof gunakan pembersih riasan (Removal makeup) yang cocok diterima kulit, sehingga sisa riasan tidak masuk ke area mata (bergerinjil atau ada benda asing masuk kemata sehingga ada yang mengganjal pada mata).

  • Menggunakan Kacamata Hitam

Penggunaan kacamata hitam selain buat style namun sangat bermanfaat untuk melindungi area penglihatan mata pada saat keluar rumah, supaya terhindar dari sengatan matahari atau SUV dan polusi kendaraan.

  • Membawa Obat Tetes Mata Saat Beraktivitas Di Luar Rumah  

Selalu membawa obat tetes mata simple saat akan keluar rumah, karena cara ini sangat membantu kamu saat beraktivitas diluar ruangan. Gunakan obat tetes mata ini sesuai dengan kebutuhan apakah untuk mata kering, mata sensitif, berair, iritasi dan mata merah. Maka sebelum membeli dibaca terlebih dahulu agar mata selalu terjaga dengan baik.

  • Hati Hati Dalam Memilih Dan Memakai Lensa Kontak

Memang tidak ada salahnya jika kamu ingin menggunakan lensa kontak. Tetapi saat menggunakannya kamu harus sangat hati hati. Karena aksesoris ini akan berkontak langsung dengan korena kamu. Jangan lupa juga sebelum memegang lensa kontak, kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu. Dan yang paling penting adalah sebelum tidur, kamu harus mencopot terlebih dahulu lensa kontaknya. Cara ini juga berlaku bagi mereka yang sekalipun menggunakan lensa kontak berlabel “Breathable”. 

Baca Juga: