Obatkolesterol

6 Varian Kaldu yang Wajib Dicoba untuk Kelezatan Masakan

22 Jun 2020  |  55xDitulis oleh : Admin
6 Varian Kaldu yang Wajib Dicoba untuk Kelezatan Masakan

Kaldu dibutuhkan untuk menambah cita rasa pada masakan. Saat ini bisa dengan mudah didapatkan sebab sudah ada yang dijual instan. Namun membuat sendiri tentu lebih baik sebab terjamin kebersihan dan menggunakan bahan yang sehat.

Berasal dari Jamur

Bahan jamur yang digunakan seperti jamur shitake, jamur merang dan jamur kancing memiliki manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang lezat juga mengandung vitamin dan mineral. Juga mengandung karbohidrat, protein dan lemak tak jenuh. Meskipun terbuat dari bahan non hewani tetapi rasa lezatnya tak kalah dari pada menggunakan ayam ataupun sapi.

Berasal dari Kacang Hijau

Pengolahan dari kacang hijau menghasilkan tekstur yang enak dan rasa yang gurih. Selain kacang hijau, dalam pembuatannya juga menggunakan jahe, potongan daging, bawang merah, daun bawang lokio, merica dan garam. Setelah kacang hijau direbus hingga mekar dan ditiriskan. Daging direbus bersama jahe, kemudian bumbu lain ditumis ke dalam rebusan daging tadi.

Berasal dari Udang

Kaldu ini memiliki rasa gurih dari bahan kepala dan kulit udang. Setelah dicuci bersih kemudian disangrai hingga kering dan aroma yang wangi. Selanjutnya tuang air mendidih ke dalam udang yang sudah disangrai ini.

Berasal dari Ayam

Menggunakan potongan bagian tubuh ayam mulai dari kaki, tulang, sayap hingga daging ayam.  Dimasak dengan bawang bombay yang sudah dicincang, daun bawang, lada, seledri direbus dalam air hingga mendidih.

Berasal dari Sapi

Selain ayam, juga bisa menggunakan karkas sapi. Direbus dalam air mendidih bersama daun bawang, seledri, bawang bombay, lada butir dan daun thyme. Serta masukkan potongan wortel. Setelah masak, angkat dan disaring.

Berasal dari Ikan

Menggunakan karkas ikan mulai dari kepala, daging serta tulang ikan. Dimasak dalam air mendidih bersama potongan batang seledri dan potongan daun bawang. Juga jahe serta lada butir.

Nah, itulah 6 kaldu yang bisa digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Semoga bermanfaat.

 

Berita Terkait
Baca Juga: