Tryout.id

Cicipi 8 Aneka Mie Khas Nusantara Indonesia

28 Jun 2020  |  130xDitulis oleh : Admin
Cicipi 8 Aneka Mie Khas Nusantara Indonesia

Mie yang bisa digunakan sebagai sarapan, makan siang atau makan malam ini ternyata memiliki banyak varian dari berbagai daerah di Indonesia.  Juga bisa digunakan sebagai pengganjal perut ketika sedang memiliki banyak kegiatan.

1. Mi Kepiting

Hampir sama dengan mi ayam tetapi memiliki isian utama  kepiting. Disajikan bersama hewan laut yang lain seperti udang. Sesuai dengan namanya, maka tentunya dalam sajian ini terdapat mi yang diolah dengan bumbu tertentu.

2. Mi Cakalang

Sajian yang didominasi oleh warna hijau ini memiliki cita rasa yang khas. Sebab daging yang digunakan yaitu suwiran ikan, bukan suwiran ayam. Rasa gurih didapatkan dari penggunaan bahan ikan cakalang fufu.

3. Mi Aceh

Sajian yang sangat terkenal ini memiliki cita rasa khas dengan berbagai bumbu rempah yang digunakan. Untuk isiannya ada yang menggunakan daging ayam ataupun daging sapi. Tetapi ada juga yang menambahkan seafood.

4. Mi Kocok

Berbentuk gepeng berwarna kuning yang disajikan dengan kuah kaldu juga perasan jeruk nipis. Untuk isiannya digunakan daging sapi ataupun isian kikil. Tampilan mie kocok ini lumayan berbeda dengan mi lainnya tetapi rasa yang lezat tetap dimiliki.

5. Bakmi Jawa

Cara mengolahnya ada yang digoreng namun ada juga yang direbus menggunakan anglo. Penyajiannya bersama daun bawang untuk rasa gurih serta kol untuk pelengkap. Isian lain yang digunakan seperti telur, tomat dan suwiran ayam.

6. Mi Toprak

Sajian dari mi berwarna putih dan kuning yang dihidangkan bersama kuah kaldu. Menggunakan isian yang komplit mulai dari sosis, daging, sayuran, cakwe, tempe dan tahu yang ditaburi bawang dan kacang.

7. Mi Sop

Sajian yang lebih sederhana dibandingkan mi yang lainnya. Meskipun begitu tetap memiliki rasa lezat yang bikin ketagihan. Kuah rempah yang gurih sedikit berminyak disajikan bersama aneka toping. Seperti suwiran ayam goreng  dan ditaburi bawang goreng.

Sekarang bahasan cuma 7 macam mie yang bisa ditemukan di Indonesia, meskipun ada beberapa varian lainnya yang tak kalah lezat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: