Obatkolesterol

7 Varian Bakso Antimainstream Wisata Kuliner Indonesia

25 Jun 2020  |  73xDitulis oleh : Admin
7 Varian Bakso Antimainstream Wisata Kuliner Indonesia

Siapa yang tidak kenal bakso? Makanan favorit kebanyakan orang ini bisa ditemukan dengan mudah terutama di kaki lima. Harganya yang sangat terjangkau dengan rasa yang lezat ini bisa dinikmati semua usia. Indonesia memiliki banyak varian seperti berikut.

1. Jenis Penyet

Selain ayam penyet, kini juga ada bola daging penyet yang harus dicoba. Sesuai dengan namanya, disajikan di atas cobek kemudian santap dengan sambel ulek. Sama halnya seperti ayam penyet ataupun tempe penyet. Rasanya yang pedas namun gurih bisa membuat ketagihan siapa yang memakannya.

2. Kuah  Comberan

Meskipun memiliki nama menggunakan kata comberan, tetapi tidak menggunakan kuah dari air comberan. Alasan diberikan nama ini karena penyajiannya dengan kuah yang berwarna hitam. Namun tetap memiliki rasa yang lezat.

3. Pentol Kerikil

Ukurannya yang kecil-kecil membuatnya dikenal dengan nama kerikil. Memang tidak besar tetapi tetap memiliki cita rasa yang lezat. Umumnya satu porsi sekitar 3 ataupun 6 buah bakso.

4. Berbentuk Barbel

Bentuk yang antimainstream ini sangat menarik perhatian masyarakat. Bukan  berbentuk bulat melainkan berbentuk barbel bahkan peralatan  makan juga berbentuk barbel. Meskipun begitu, rasanya tetap tak boleh diragukan.

5. Aci Berkuah

Menggunakan pati ataupun aci tanpa menggunakan daging, namun tetap banyak peminat makanan ini. Sajian akan lebih nikmat dengan kuah yang gurih dan asam dari jeruk nipis berpadu menjadi satu.

6. Berbentuk Tumpeng

Selain bentuk barbel juga ada bakso berbentuk tumpeng. Menyerupai kerucut terbalik mungkin terinspirasi dari bentuk nasi tumpeng. Disajikan berkuah dengan tahu dan daun bawang memberi rasa gurih yang nikmat.

7. Berisi Telur Setengah Matang

Selain berisi daging, kini ada juga yang berisi telur tapi setengah matang. Tentunya sajian ini tak boleh dilewatkan oleh pecinta telur setengah matang. Kuning telur meleleh akan ditemukan setelah bulatan dibuka.

Nah, inilah beberapa varian yang antimainstream yang memang harus dicoba bagi yang katanya pecinta bakso. Bentuk yang unik ini memberi kesan menggoda untuk dicoba dengan citarasa yang tetap lezat tentunya.

Baca Juga: