rajabacklink

Kurang Fokus? Coba Minuman Sehat Ini untuk Tingkatkan Fokusmu

27 Okt 2020  |  62xDitulis oleh : Admin
Kurang Fokus? Coba Minuman Sehat Ini untuk Tingkatkan Fokusmu

Aghil - Seseorang perlu fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Saat tubuh tidak fokus, produktivitas kita tentu akan berkurang. Senyawa yang berperan untuk meningkatkan fungsi otak dan berhubungan dengan fokus adalah Nootropik.

Senyawa inilah yang dapat membantu kita untuk bisa lebih fokus saat mengerjakan suatu pekerjaan. Senyawa ini dapat ditemukan di berbagai suplemen kesehatan. Namun, jika kamu ingin mendapatkannya secara alami, berikut beberapa minuman yang memiliki kandungan nootropik yang baik untuk tingkatkan fokus kamu.

Melansir dari laman Healthline, berikut selengkapnya.

1. Kopi

Kopi merupakan minuman nootropik yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Kafein pada kopi dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, serta memori.

Menurut data penelitian, hasil ini didapat saat kamu mengkonsumsi kopi dalam dosisi 40-300 mg, setara dengan sekitar 0,5-3 cangkir (120-720 ml) kopi.

Selain itu, kopi juga dipercaya dapat melindungi kita dari penyakit Alzheimer, yang telah dibuktikan para peneliti pada tikus. Namun, masih diperlukan studi lebih lanjut pada manusia.

2. Teh hijau

Minuman kedua adalah teh hijau. Kandungan kafein pada teh hijau memang lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Namun, teh hijau menyediakan dua senyawa nootropik, yakni I-theanine dan epigallocatechin gallate (EGCG).

Sebuah studi mengungkapkan bahwa I-theanine mampu meningkatkan relaksasi dan adanya kafein dapat meningkatkan kewaspadaan.

Hasil penelitian secara keseluruhan menyimpulkan bahwa teh hijau mampu mendukung tingkat fokus, perhatian, dan memori lebih tinggi.

Selain itu, EGCG dapat memasuki otak melalui sawar darah otak, yang berari mampu memberikan efek menguntungkan pada otak atau bahkan memerangi penyakit neurodegeneratif.

3. Jus jeruk

Minuman ketiga ada jus jeruk. Jus jeruk ini kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi saraf.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi memiliki fokus dan memori lebih baik dibandingkan orang yang mengandung vitamin C lebih rendah.

Namun di sisi lain, jus jeruk ini mengandung jumlah kalori yang lebih tinggi daripada buah utuh. Asupan gula tambahan yang tinggi dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2, serta penyakit jantung.

Cara lebih baik adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk buah jeruk utuh. Dengan begitu, kandungan kalori dan gula akan lebih rendah. Selain itu, kandungan serat akan lebih tinggi dibandingkan jus jeruk.

4. Jus hijau dan smoothies hijau

Jus hijau ini merupakan minuman yang dihasilkan dari kombinasi antara sayuran dan buah-buahan berwarna hijau. Misalnya saja membuat jus dari kangkung, bayam, timun, apel hijau, dan serai.

Adapun smoothies hijau mengandung bahan-bahan seperti alpukat, yogurt, atau pisang untuk menambah rasa lembut dan nutrisi.

Jus ataupun smoothies ini memiliki potensi untuk meningkatkan fungsi otak. Namun, hal ini bergantung pada bahan apa saja yang digunakan. 

Itulah beberapa minuman sehat yang dapat membantu kamu untuk lebih fokus pada kegiatan kamu. Meskipun begitu, istirahat merupakan solusi tepat untuk menjaga tingkat fokus kamu lebih baik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: