rajabacklink

3+ Tempat Di Luar Negeri yang Dinamakan Soekarno

29 Nov 2020  |  131xDitulis oleh : Admin
3+ Tempat Di Luar Negeri yang Dinamakan Soekarno

Aghil - Soekarno bukan hanya sebagai presiden pertama Republik Indonesia, namun juga dikenal sebagai proklamator yang luar biasa. Kehebatan Soekarno ini ternyata tak hanya berada di Indonesia saja.

Pasalnya, ada beberapa lokasi di beberapa negara bahkan dinamakan Soekarno. Hal ini tentu membuktikan betapa luar biasanya beliau di saat itu.

Bahkan, pemerintah Kuba pada tahun 2008 memasukkan Ir. Soekarno sebagai salah satu tokoh yang dianggap penting di negara tersebut. Berdampingan dengan Fidel Castro dan Che Guevara, ketiga tokoh tersebut dianggap berpengaruh hingga dibuatlah oleh pemerintah Kuba seri gambar mereka di sebuah perangko.

Lalu, negara mana saja yang memiliki bangunan ataupun jalan yang dinamakan Soekarno? Melansir Merdeka.com, berikut beberapa diantaranya.

1. Masjid Biru Soekarno - Rusia

Di Rusia, terdapat sebuah masjid yang bernama Saint Petersburg Mosque dan Blue Mosque. Kedua nama ini merupakan julukan dari sebuah masjid biru kebanggaan Saint Petersburg, Rusia.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa dahulunya masjid ini sempat populer dengan nama Masjid Soekarno. Pada masa tersebut, Soekarno berperan dalam menghidupkan masjid tersebut.

Pada masa kepemimpinan Nikita Kruschev, masjid biru tak lagi digunakan sebagai tempat ibadah. Bangunan itu dialihfungsikan menjadi gudang. Setelah berkunjungke sana, Soekarno lantas meminta Kruschev untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai tempat ibadah umat Islam.

2. Monumen Soekarno - Aljazair

Di Ibukota negara Aljazair, Aljir terdapat sebuah monumen yang dinamakan Soekarno. Monumen tersebut berbentuk patung Soekarno dengan telunjuk yang mengarah ke langit. Pose ini merupakan pose khas beliau saat melakukan orasi.

Bung Karno dianggap menjadi salah satu tokoh yang berperan dalam gerakan kemerdekaan negara Aljazair saat itu. Dimana Aljazair dijajah oleh bangsa Prancis.

Soekarno sempat mengundang delegasi perjuangan kemerdekaan Aljazair ke tanah air. Pada tahun 1956, pemerintah Indonesia juga memerintahkan pendirian kantor perwakilan FNL Front de Liberation Nationale) di Jakarta.

3. Soekarno Parque - Meksiko

Di Meksiko, nama Soekarno diberikan pada sebuah taman kota disana. Pada taman tersebut, terdapat patung Soekarno sebagai tanda khas taman tersebut.

Saat taman tersebut diresmikan, cucu Soekarno, Puan Maharani bahkan menghadiri peresmian dari taman tersebut.

Taman tersebut dibangun sebagai bentuk apresiasi pada Soekarno, dimana ia dikenal sebagai tokoh perdamaian dunia dan perekat hubungan kedua negara.

Baca Juga: