hijab

3 Negara yang Nyaman Untuk Bersepeda, Fasilitasnya Lengkap Banget

17 Okt 2020  |  58xDitulis oleh : Admin
3 Negara yang Nyaman Untuk Bersepeda, Fasilitasnya Lengkap Banget

Aghil - Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang ramah akan lingkungan. Baru-baru ini, tren bersepeda mulai merambah masyarakat Indonesia. Namun, jika dibandingkan dengan pengguna kendaraan bermotor jumlahnya masih sedikit.

Beberapa negara di dunia sudah mulai mengkampanyekan agar masyarakatnya lebih sering bersepeda. Caranya dengan menyediakan fasilitas yang lengkap bagi para pengendara sepeda. Dikutip dari laman Bicycle Cities Index 2019, berikut ini negara-negara yang paling nyaman untuk bersepeda. Yuk simak!

Belanda

Meskipun Belanda dikenal dengan teknologinya yang canggih, namun penduduknya lebih memilih menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya. Kebiasaan ini tentu diimbangi dengan dukungan fasilitas yang lengkap dari pemerintah.

Terbukti dengan dibangunnya jalur khusus sepeda yang mencapai puluhan ribu kilometer, berbagai tempat penyewaan sepeda, dan juga parkir sepeda yang luas. Bahkan, kebiasaan ini ditanamkan sejak dini dengan memasukkan kurikulum bersepeda di Sekolah Dasar disana. Keren!

Jerman

Di negara Jerman, bersepeda bukan hanya sebagai alat transportasi alternatif saja. Bagi mereka, bersepeda juga merupakan bentuk hiburan. Ada lebih dari 200 rute sepeda di Jerman yang dapat digunakan. Lokasi ini menyebar mulai dari daerah pedesaan dan perkotaan.

Misalnya rute untuk menyusuri Sungai Rhine yang indah atau menjelajahi Kota Constance. Para pengendara juga bisa menyusuri daerah penghasil anggur maupun rute khusus untuk mengenang sejarah Jerman sepanjang 219 kilometer. Wow!

Belgia

Negara selanjutnya ada Belgia. Hingga saat ini, pemerintah Belgia terus memperbaiki sarana bagi para pesepeda, dengan membangun jalur khusus dan penyewaan sepeda secara gratis. Tidak kalah menariknya, pemerintah Belgia bahkan membangun jalur sepeda diatas air. Tersedia jalur sepanjang 212 meter yang membelah kolam-kolam air di De Wijers, Limburg. Atraksi ini sangat diminati oleh warga lokal maupun turis.

Itulah beberapa negara yang ramah dengan pesepeda. Sebenarnya masih banyak lagi negara yang membiasakan masyarakatnya untuk bersepeda, misalnya negara Denmark, Swedia, bahkan negeri Tirai Bambu Tiongkok.

Semoga kedepannya pemerintah Indonesia juga mendukung transportasi sepeda ini untuk dapat menjaga lingkungan kita. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait
Baca Juga: