rajabacklink

5 Tips Jitu Agar Belajar Online Tetap Lancar di Tengah Pandemi. Nomor 4 Wajib!

17 Okt 2020  |  57xDitulis oleh : Admin
5 Tips Jitu Agar Belajar Online Tetap Lancar di Tengah Pandemi. Nomor 4 Wajib!

Aghil - Salah satu yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini adalah para pelajar. Dimana hal ini memaksa mereka untuk belajar secara daring akibat larangan interaksi jarak dekat dengan orang lain. Dengan proses pembelajaran secara online ini tentu membuat proses pembelajaran menjadi tidak kondusif.

Saat belajar secara online ini, hal paling penting adalah kedisiplinan diri. Karena tak ada yang mengingatkan kita kecuali diri kita sendiri. Berikut rangkuman tips yang bisa kamu lakukan agar proses belajar lebih kondusif. Dikutip dari laman sobat Belia, berikut selengkapnya.

1. Menyusun Jadwal Tertentu

Suatu hal yang berlebih tentu tak baik untuk diri, begitupun dengan belajar. Dengan terlalu banyak belajar kamu akan cepat merasa lelah dan otak terasa panas.

Agar belajar online efektif, jadwalkan dengan baik kapan kamu harus belajar dan istirahat. Agar materi yang kita pelajari cukup dan sesuai dengan kapasitas yang kita miliki. Perlu diingat ya, kamu harus membagi waktu belajar dan bermain dengan seimbang.

2. Manfaatkan Layanan Chatting

Jika kamu merasa belum paham dengan sebuah materi, sebaiknya manfaatkan chatting dengan guru yang bersangkutan. Jangan berlama-lama mendiamkan ketidaktahuan kamu supaya tidak keteteran di pelajaran selanjutnya.

Dengan chatting ini pun, kamu tak perlu malu dalam bertanya. Karena sifatnya yang personal dan teman-temanmu tidak tahu akan hal itu.

3. Jauhkan Diri dari Distraksi

Seperti yang sudah disebutkan diatas, belajar online melatih kita untuk menerapkan disiplin pada diri kita. Karena tak ada yang mengawasi, kamu lah yang perlu mendorong diri kamu untuk mulai belajar.

Saat belajar online ini, tentu akan muncul gangguan-gangguan yang membuat kamu tidak fokus. Misalnya dengan memulai mengecek smartphone kamu, atau malah membuka website lain di laptop saat pembelajaran dimulai.

Hindari hal tersebut misalkan dengan mematikan terlebih dahulu smartphone kamu selama proses pembelajaran. Kemudian meminta anggota keluarga untuk tidak mengganggu selama pembelajaran berlangsung.

Apabila kamu belajar online di tempat-tempat umum seperti kedai kopi atau perpustakaan, kamu bisa memasang headset atau earpod pada kedua telinga kamu untuk menyumbat suara-suara dari luar yang berpotensi mengganggu konsentrasimu.

4. Konsisten

Tips keempat, perlu konsistensi pada diri kamu. Selalu konsisten dan patuhi jadwal pembelajaran yang sudah kamu buat. Prioritaskan belajar apabila ada hal lain yang mengganggu pada waktu tersebut.

Dengan melakukannya secara konsisten, maka proses pembelajaran kamu akan maksimal dan tingkat kedisiplinan kamu meningkat.

5. Fokus dengan penyampaian gurumu

Saat guru tengah menjelaskan pelajaran, baik melalui Zoom atau Google Meet, sebaiknya perhatikan dengan baik. Jangan membuka game, media sosial, atau aplikasi lain yang dapat mengganggu konsentrasi belajar kamu.

Itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan agar pelajaranmu tetap maksimal meski belajar dari rumah. Semoga bermnafaat.

Baca Juga: