MU

Hal Yang Perlu Di perhatikan Saat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

2 Jul 2022  |  174xDitulis oleh : Admin
Hal Yang Perlu Di perhatikan Saat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Popok merupakan salah satu barang yang harus di persiapkan oleh orang tua yang baru saja melahirkan buah hatinya. Memilih Popok bayi baru lahir adalah hal yang membingungkan terutama bagi orang tua baru. Ada banyak faktor yang dapat jadi pertimbangan untuk mendapatkan popok yang sempurna, termasuk faktor keamanan, kenyamanan dan juga kesehatan untuk bayi.

Bagi para orang tua baru, memilih popok bayi baru lahir adalah hal yang membingungkan dan bisa di bilang gampang gampang susah. Supaya tidak salah memilih, perhatikan bagaimana kriteria popok yang  bagus dan juga sehat serta tips untuk memilihnya. Yuk simak artikel ini, mungkin dapat membantu Anda dalam memilih popok bayi yang tepat.

Popok Baru Lahir Dan Popok Biasa

Pada umumnya popok untuk si buah hati di dasarkan pada berat badan, bukan usia. Meski begitu ada beberapa produk yang beredar di pasaran yang memang di desain khusus untuk newborn atau bayi baru lahir. Jadi sangat membantu Anda sewaktu mencari popok untuk bayi yang baru lahir.

Saat memilih popok bayi baru lahir , cek lebih dahulu apakah popok tersebut memiliki ruang tersendiri untuk tali pusar bayi. Tali pusar bayi biasanya terlepas dengan sendirinya dan sembuh dalam waktu 7 sampai 10 hari. Sangat penting bagi orang tua agar menjaga kebersihan bagian tali pusar bayi , salah satunya adalah dengan cara memilih popok yang tepat. Popok bayi baru lahir biasanya di rancang memiliki lobang kecil di bagian depan , bagian ini berfungsi untuk memberikan ruang bagi tali pusar bayi dan juga mencegah iritasi.

Anda perlu menggunakan popok jenis ini pada si buah hati setidaknya dalam kurun waktu beberapa minggu pertama. Namun kendalanya di negara kita belum banyak beredar di pasaran popok jenis ini, jika anda kesulitan mendapatkan popok jenis ini , cukup gunakan popok biasa saja, lalu lipat bagian atasnya agar tidak terkena tali pusar.

 Selain itu perbedaan popok bayi baru lahir dengan popok biasa adalah ukuran nya yang cenderung lebih kecil di banding popok biasa. Jika buah hati anda terlahir cukup besar untuk ukuran bayi baru lahir, mungkin jenis popok khusus bayi baru lahir kurang cocok baginya.

Berapa kali sih mengganti popok bayi baru lahir yang di anjurkan?. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia( IDAI), mengganti popok bayi baru lahir sebaiknya sesering mungkin karena bayi baru lahir biasa lebih sering buang air kecil. Kemudian, berapa jam bagusnya mengganti popok bayi baru lahir? IDAI menganjurkan waktu yang paling tepat adalah 2-3 jam sekali atau sesegera mungkin setelah bayi buang air kecil maupun buang buang air besar.

Hal- hal yang perlu di perhatikan dalam memilih popok bayi

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan orang tua dalam memilih popok untuk bayi, hal tersebut antara lain :

1. Bebas Iritasi Kulit Bayi

Hal yang pertama dalam memilih popok untuk si buah hati adalah perhatikan bahan yang di gunakan. Permasalahan yang sering terjadi saat bayi menggunakan popok adalah terjadinya ruam. Ruam popok adalah erupsi kulit inflamasi di daerah popok karena terkena gesekan, hidrasi berlebih, ph yang bervariasi, dan kontak yang terus menerus dengan urin dan fases yang sangat mengiritasi kulit. oleh karena itu di sarankan memilih popok yang terbuat dari bahan berkualitas yang aman dan terasa nyaman saat di pakai.

2. Bahan nyaman serta lembut

Tip selanjutnya dalah pilih popok yang berbahan lembut, fleksibel, fit dan memiliki sirkulasi udara yang baik . karena kulit bayi masih sangat halus dan sensitif. Popok yang di pilih harus fleksibel , popok harus bisa menyesuaikan tubuh si bayi agar terasa pas dan nyaman ketika di pakai. Dan tidak meninggalkan bekas kerutan atau ruam pada kulit bayi.

3. Daya serap popok cepat dan tidak bocor

Selanjutnya hal yang harus di perhatikan dalam memilih popok bayi adalah daya serap, pilihlah popok yang berdaya serap tinggi , menurut penelitian menyebutkan salah satu alasan utama bayi tidak bisa tidur nyenyak sepanjang malam adalah merasa basah, maka dari itu untuk mengatasi bayi tidak bisa tidur nyenyak adalah memilih popok yang mempunyai daya serap tinggi dan memastikan bayi tetap kering. Popok yang bagus adalah popok yang mampu menyerap cairan dengan cepat dan juga mampu menampung banyak cairan. Popok tersebut memastikan si kecil tetap kering setidaknya selama 12 jam (waktu yang cukup bagi bayi untuk tidur nyenyak tanpa gangguan).

Itulah hal-hal yang perlu anda perhatikan sewaktu mencari popok bayi untuk si buah hati. Tetapi sekarang ini Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih Popok bayi baru lahir , karena saat ini ada produk merries premium tape ukuran newborn yang banyak memiliki berbagai keunggulan. Diantara keunggulannya adalah :

  1. Memiliki 3 lapisan bersikulasi udara yang membuat popok ini bebas lembab dan kuat menahan air
  2. Alarm penanda pipis berupa garis yang berwarna kuning, apabila garis berwarna kuning berubah menjadi biru tandanya popok tersebut sudah terisi pipis bayi dan perlu segera di ganti
  3. Permukaan popok yang lembut, perekat yang kuat dan dapat di lepas pasang berulang kali 

Demikianlah keunggulan lainnya dari popok Merries. Untuk mengetahui lebih lanjut dan menambah pengetahuan Anda tentang popok bayi, Anda dapat mengunjungi www.merries.co.id.

Baca Juga: