hijab

Kesalahan Rutinitas Olahraga ini Dapat Mempercepat Masa Tua Anda

30 Jun 2020  |  146xDitulis oleh : Admin
Kesalahan Rutinitas Olahraga ini Dapat Mempercepat Masa Tua Anda

Semakin banyak orang yang sadar terhadap pentingnya untuk berolahraga untuk menjaga kualitas hidup mereka.

Rutinitas olahraga terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh, membuat tubuh tetap fit, mengeluarkan zat berbahaya dari dalam tubuh, dan meningkatkan daya pikir, tetapi tahukan anda kalau kebanyakan rutinitas olahraga yang sering dilakukan oleh banyak orang malah membawa dampak buruk daripada yang positif?

Memang sulit dipercaya.

Maka dari itu, pastikan anda menghindari kesalahan rutinitas olahraga berikut ini yang dapat mempercepat proses penuaan anda!

1. Berolahraga dalam waktu yang lama

Tahukah anda kalau orang yang berolahraga selama 20-30 menit meraih target lebih cepat daripada mereka yang berolahraga selama 45-60 menit? Tahu juga anda kalau workout yang panjang bisa mempercepat masa tua anda?

Ada penjelasan di balik semua ini.

Ketika anda berolahraga, tubuh anda menghasilkan radikal bebas dalam jumlah yang sedikit. Tubuh anda akan menghilangkan radikal bebas itu untuk menghindari kerusakan tubuh.

Namun, ketika anda berolahraga dalam waktu yang terlalu panjang, radikal bebas itu sudah di luar kendali sehingga tubuh anda akan mengalami penuaan lebih cepat meskipun anda memiliki hasil yang diinginkan.

2. Diet yang kurang

Anda bisa berolahraga dengan benar, tetapi tidak mendapat hasil yang diinginkan jika tidak memberikan tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan.

Ketika anda berlatih secara rutin, tubuh anda akan membutuhkan banyak nutrisi seperti protein, lemak, vitamin, dan sebagainya untuk proses pemulihan, perbaikan, menjaga kesehatan otot, dan sebagainya.

Jika anda tidak menutupi kebutuhan tersebut, tubuh anda terpaksa untuk menggunakan segala sisa energi dalam tubuh sehingga rutinitas yang selama ini anda kira sehat malah akan berdampak buruk pada tubuh anda.

3. Istirahat yang kurang

Istirahat yang kurang juga dapat mempercepat masa penuaan tubuh karena hal tersebut dapat menghambat proses pemulihan.

Jadi, pastikan anda memiliki istirahat yang cukup. Jangan hanya memperhatikan berapa jam, anda juga perlu mengetahui waktu tidur anda karena jika anda beristirahat pada waktu yang tepat, tubuh anda akan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk melakukan perbaikan.

Baca Juga: