rajaview

Pengertian Lengkap Mengenai Sindrom Usher

14 Jul 2020  |  64xDitulis oleh : Admin
Pengertian Lengkap Mengenai Sindrom Usher

Perlu diketahui bahwa Sindrom Usher ini merupakan gangguan yang mempengaruhi penglihatan dan pendengaran. Kelainan ini bisa ditandai dengan indra penglihatan serta pendengaran yang semakin memburuk dari hari ke harinya. Bahkan, kelainan ini juga bisa mempengaruhi keseimbangan tubuh. 

Penyebab Sindrom Usher

Diduga kuat penyebab Sindrom Usher ini adalah mutasi gen pada batang di mata. Sehingga mutasi gen ini menyebabkan kerusakan. Selain itu, sel kerucut juga bisa terkena. Kedua sel tersebut merupakan bagian dari fotoreseptor yang berfungsi membentuk penglihatan. Dimana, sela batang berfungsi saat cahaya redup, sedangkan sel kerucut bertugas untuk mengidentifikasi warna. Sementara gangguan pendengaran disebabkan oleh kelainan pada telinga bagian dalam. 

Gejala Sindrom Usher

Sedikitnya ada tiga tipe sindrom Usher yang sering terjadi dan berbagai gejala yang timbul, yakni :

  • Tipe 1

Pada tipe ini akan terjadi gangguan pendengaran/tuli saat lahir, berkurangnya penglihatan pada malam hari di usia 10 tahun serta penglihatan akan semakin parah saat usia paruh baya. Selain itu ada gangguan keseimbangan sejak lahir.

  • Tipe 2

Tipe 2 ini hampir sama dengan Tipe 1, namun pada Tipe 2 ini tidak ada gangguan keseimbangan dan terdapat gangguan pendengaran dalam kategori sedang hingga berat saat lahir. 

  • Tipe 3

Pada Tipe 3 ini akan timbul gangguan pendengaran secara progresif pada usia kanan-kanak hingga remaja, berkurangnya kemampuan untuk melihat di malam hari saat remaja dan akan semakin memburuk seiiring bertambahnya usia. Sementara di sisi lain keseimbangan tubuh normal dan hampir tidak ada gangguan. 

Cara Mengobati Sindrom Usher

Hingga saat ini belum ada obat atau metode pengobatan yang bisa menyembuhkan Sindrom Usher ini. Adapun obat yang tersedia yang digunakan hanya untuk mencegah gangguan penglihatan, pendengaran dan keseimbangan supaya tidak semakin parah saja. Selain itu, ada Vitamin A yang mampu memperlambat perkembangan retinitis pigmentosa. 

Sementara itu, jika ada gangguan pendengaran, bisa menggunakan alat bantu pendengaran supaya bisa mendengar suara dengan lebih baik. Bagi anak-anak yang menderita Sindrom Usher ini bisa dilatih guna memperkuat orientasi serta mobilitas untuk masalah keseimbangan dan diberi layanan komunikasi mandiri, misalnya membaca huruf braile.  

Baca Juga: