RajaKomen

Pentingnya Mengenali Jenis Kulit Wajah Untuk Memilih Skincare Yang Baik Agar Hasil Maksimal

10 Nov 2020  |  724xDitulis oleh : FDT
Pentingnya Mengenali Jenis Kulit Wajah Untuk Memilih Skincare Yang Baik Agar Hasil Maksimal

Memelihara kesehatan kulit wajah memang sangatlah penting, terlebih lagi bagi kaum hawa yang sangat memperhatikan penampilan terutama di area wajahnya. Untuk merawatnya tentu dibutuhkan skincare yang tepat, tetapi dalam pemilihan skincare memang tak semudah yang dibayangkan, karena harus mengikuti jenis kulit wajah agar hasilnya maksimal.

Jika salah memilih skincare karena tidak sesuai dan tidak cocok dengan jenis kulit wajah, maka akan menimbulkan masalah nantinya. Lalu bagaimana cara memilih skincare agar cocok dengan jenis kulit wajah?

Pertama yang harus dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu jenis kulit wajah anda, contohnya seperti kulit berminyak, sensitif, berjerawat, kemerahan atau terlalu kering. Agar lebih akurat sebaiknya konsutasikan kepada dokter dan diskusikan bersama agar jenis kulit bisa ditentukan dengan tepat dan tidak akan salah memilih skincare nantinya.

Jika sudah bisa menentukan jenis kulit  anda, berikut ada beberapa tips memilih skincare sesuai dengan jenis kulit;

Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak sebenarnya memiliki keuntungan yang lebih dibanding kulit wajah yang kering, kulit wajah berminyak tidak akan cepat keriput dan lebih awet muda dibanding kulit kering. Tetapi kulit berminyak juga beresiko timbulnya komedo, jerawat dan pori-pori yang membesar.

Untuk jenis kulit berminyak disarankan untuk memilih skincare yang tidak mengandung minyak, berbentuk gel dan jangan lupa juga gunakan sedikit pelembab.

Kulit Kering

Jenis kulit kering memang sangat rentan mengalami keriput, karena garis halus pada wajah akan mudah terlihat. Wajah dengan jenis kulit ini juga akan terlihat kusam dan tidak bercahaya.

Jika mempunyai kulit jenis ini memang sangat rentan di cuaca dingin dan juga harus terus waspada jika terjadi perubahan hormon.  Agar kulit kering tidak semakin parah, hindari mencuci wajah dengan air hangat dan pilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit dengan bahan yang melembabkan seperti hydrating toner.

Pemilik kulit kering lebih cocok menggunakan skincare dengan tekstur seperti krim atau balm. Hindari skincare dengan kandungan alkohol karena akan menyerap air pada wajah dan membuat wajah akan semakin kering.

Kulit Sensitif

Jenis kulit wajah sensitif bisa berjenis kulit berminyak bisa juga berjenis kulit kering, yang membedakannya adalah respon ketika kulit mengalami kontak dengan zat kimia atau bahan tertentu.

Jika kulit mulai mengalami kemerahan sebaiknya segera hentikan pemakaian skincare tersebut. hindari juga produk dengan kandungan alkohol, dan pilih produk skincare yang berbahan alami dan aman untuk kulit sensitif.

Itulah beberapa tips memilih skincare yang cocok dengan jenis kulit wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

 

 

Baca Juga: