rajaview

Hal-Hal Wajib Saat Mencuci Mobil

24 Jun 2020  |  137xDitulis oleh : Admin
Hal-Hal Wajib Saat Mencuci Mobil

Indonesia memasuki era New Normal. Apa itu? Ini adalah era di mana Indonesia kembali menjalankan kehidupan normal dan gaya hidup yang baru. Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang. Tetapi negara tidak bisa berhenti untuk melakukan aktivitas perekonomian dan lainnya. Untuk terhindar dan mencegah Covid-19 menyebar, gaya hidup baru sangat perlu diterapkan di kehidupan sehari-hari. Bahkan mencuci mobil pun perlu ada pembaharuan metode. Agar mobil Anda aman dari virus Corona, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan mencuci mobil. Dan berikut ini adalah hal wajib yang perlu diperhatikan.

1. Pilih Sabun yang Tepat

Gunakanlah sabun yang diformulasikan khusus untuk mencuci mobil. Hindari menggunakan sabun cuci atau detergen yang biasa digunakan untuk mencuci baju dan piring karena bisa merusak cat mobil. Sabun khusus cuci mobil tentu lebih terjamin untuk melindungi warna body mobil. Selain itu, sabun khusus mobil juga punya kemampuan khusus mencegah virus Corona menempel pada body mobil.

2. Gunakan Handuk Pengering Micro-fiber

Untuk mengeringkan mobil, sangat disarankan untuk menggunakan kain handuk yang halus dan lembut. Kalau bisa, dimungkinkan untuk menggunakan kain handuk yang lebih lembut seperti handuk berbahan microfiber. Selain tidak merusak warna bodi mobil, handuk berbahan microfiber mampu menyerap air lebih vaik sehingga proses pengeringan menjadi lebih cepat.

3. Hindari Mencuci di Bawah Sinar Matahari Langsung

Cara tepat agar bisa mencuci dengan aman dan nyaman adalah dengan mencuci di tempat yang teduh. Ini adalah langkah terbaik dan tepat agar mobil tidak rusak ketika dicuci. Jika Anda mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung, logam mobil akan mudah panas. Air dan sabun akan menguap dan meninggalkan bintik-bintik pada cat dan kaca. Bukannya bersih, mobil Anda malah makin kotor.

4. Jangan Menyentuh Tanah

Saat mencuci, usahakan agar perlengkapan mencuci seperti spon, lap cuci, handuk dan lainnya tidak terjatuh ke tanah. Tanah yang menempel pada perlengkapan tersebut nantinya akan membuat bodi mobil tergores. Cat mobil akan tergores sehingga mobil menjadi rusak. Jadi, selalu jaga dan bawa alat-alat cuci Anda agar tidak langsung terkena sentuhan tanah.

Semoga Anda semakin mudah saat mencuci mobil di New Normal kini. Ingat untuk selalu mengikuti anjuran kesehatan dan keselamatan saat berkendara di kehidupan normal yang baru ini.

Baca Juga: