al masoem

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat dari Air Beras untuk Kecantikan Kulit

30 Nov 2020  |  192xDitulis oleh : Admin
Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat dari Air Beras untuk Kecantikan Kulit

Aghil - Saat hendak menanak nasi, biasanya air bekas cucian beras seringkali dibuang. Padahal, air beras tersebut ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan.

Di Jepang, air beras ini sudah dimanfaatkan sejak 1000 tahun yang lalu. Dimana air beras ini digunakan untuk membuat rambut indah dan lebih kuat.

Pada zaman sekarang pun, ada beberapa produk kecantikan atau perawatan kulit yang didalamnya mengandung air beras.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat dari air beras, berikut kami rangkum beberapa diantaranya.

Mencerahkan kulit

Air beras mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin A, vitamin C, senyawa flavonoid dan fenolik, sehingga membuat air beras ini dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, air beras juga dapat menyamarkan noda hitam yang ada pada kulit secara alami.

Meningkatkan kolagen

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 menunjukkan, bahwa air beras yang difermentasikan ternyata mampu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Air beras ini dapat meningkatkan kolagen di kulit, sehingga membuat kulit menjadi lebih kenyal dan membantu mencegah kerutan pada kulit.

Mengatasi kulit kering

Air beras diketahui dapat mengatasi iritasi kulit. Misalnya kulit kering yang disebabkan oleh Sodium Laurel Sulfate (SLS), bahan yang biasa ditemukan pada produk kosmetik.

Bukti menunjukkan, dengan menggunakan air beras dua kali sehari dapat membantu kulit yang kering dan rusak akibat SLS.

Meredakan iritasi pada kulit

Sebuah studi pada tahun 2002 oleh Deparetemen Toksikologi di Vrije Universiteit Brussel di Brussels Belgia menemukan, bahwa air beras dapat memperbaiki kondisi kulit dermatitis atopik.

Air beras juga dapat meringankan peradangan yang terjadi pada kulit, ruam, jerawat, serta mengurangi kemerahan di kulit akibat inflamasi.

Perlindungan kerusakan akibat sinar matahari

Air beras juga terbukti mampu melindungi kulit dari sinar matahari.

Sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan, bahwa air beras dapat berfungsi sebagai tabir surya yang efektif. Hal ini saat air beras dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lainnya.

Baca Juga: