RajaKomen

SehatQ.com, Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakan Menstrual Cup

7 Mar 2022  |  165xDitulis oleh : Admin
SehatQ.com, Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakan Menstrual Cup

Menstruasi atau Haid menjadi salah satu fase bagi seorang wanita dan setiap wanita pasti mengalaminya. Kebanyakn fase tersebut berlangsung sekali dalam satu bulan. Untuk membantu fase menstruasi tersebut, saat ini hadir terobosan baru yang bernama menstrual cup. Review kali ini mengulas tentang Menstrual cup, mengenai fungsi dan kelebihan dari menstrual cup.

Menstrual cup adalah alat pengganti pembalut yang berbentuk corong yang terbuat dari bahan silicon, karet atau plastic dan dapat digunakan kembali. Tentunya dengan menggunakan menstrual cup ini dapat menghemat pengeluaran penggunanya hingga ratusan ribu rupiah pertahun dibandingkan menggunakan pembalut sekali pakai.

Alat ini tidak menyerap darah seperti pembalut atau tampon, tetapi hanya menampung darah menstruasi. Bentuk produk ini seperti cangkir kecil berbentuk loncek yang cara penggunaannya dimasukkan ke dalam vagina untuk menampung darah menstruasi. Ada beberapa kelebihan jika menggunakan menstrual cup.

  • Ekonomis dan Ramah Lingkungan

Tentunya Anda tahu, kalau produk sanitasi kewanitaan  sebagian besar mengandung plastic yang tidak mudah hancur. Ini artinya limbah tersebut tidak mudah terurai. Jadi bisa Anda bayangkan berapa banyak limbah pembalut dan tampon yang dihasilkan tidak terurai sehingga dapat menyebabkan pencemaran air dan tanah. Berbeda dengan menstrual cup yang materialnya terbuat dari lateks dan bisa digunakan berkali-kali. Ini artinya menstrual cup minim akan limbah, karena dapat digunakan berkali-kali sehingga menstrual cup tidak hanya minim limbah akan tetapi juga bisa menghemat pengeluaran. Dan bisa jadi Anda hanya membutuhkan 2-3 menstrual cup. sedangkan pembalut atau tampon akan diperlukan lebih banyak lagi karena umunya harus mengganti setiap empat jam sekali.

  • Menampung Lebih Banyak Darah Menstruasi

Menstrual cup dapat menampung sekitar satu hingga dua ons darah menstruasi. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan jika mengunakan tampon atau pembalut yang hanya dapat menampung hingga sepertiga ons saja. Dan menstrual cup tetap aman dipakai selama 12 jam.

  • Menstrual Cup Lebih Aman

Karena funsinya adalah menampung darah menstruasi, bukan menyerap seperti pembalut sekali pakai atau tampon, maka sanitasi seperti menstrual cup minim mengakibatkan infeksi jamur.

  • Tidak Menimbulkan Bau Tidak Sedap

Jika menggunakan pembalut haid, terkadang Anda merasa timbul aroma tidak sedap saat pembalut penuh. Tetapi pada penggunaan mentruak cup, ini tidak akan terjadi karena produk ini bersifat kedap udara sehingga tidak akan berbau.

  • Tidak Mengandung Bahan Kimia yang Berbahaya

WHO mengungkapkan menstrual cup tidak mengandung bahan kimia yang biasa ditemukan dalam tam[on atau pembalut seperti pemutih dan dioksin. Dimana menurut WHO ditemukan bahwa beberapa dioksin diketahui dapat menyebabkan kanker pada manusia. Sehingga penggunaan menstrual cup jauh lebih aman dibandingkan dengan pembalut biasa.

  • Bebas Iritasi

Apabila kulit Anda mudah iritasi karena penggunaan pembalut, maka Anda coba untuk beralih menggunakan menstruasi cup, karena menstrual cup tidak mengganggu PH vagina sehingga meminimalkan risiko terkena infeksi dan iritasi kulit dibandingkan dengan jenis bahan lainnya dan yang terpenting adalah kebersihan tangan ketika menggunakan menstrual cup.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, masih banyak wanita yang ragu untuk beralih menggunakan produk menstrual cup karena alasan kenyamanan. Untukdapat bekerja produk ini perlu dimasukkan kedalam vagina kemudian dikeluarkan lagi setelah pemakaian 6-12 jam. Setelah itu darah dibuang dan menstrual cup dicuci dan bisa digunakan kembali.

Menstrual cup sebenarnya sangat fleksibel. Jika Anda tertarik menggunakan menstrual cup, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan dan mengetahui ukuran apa yang sesuai. Untuk mengetahui ukuran menstrual cup yang tepat untuk Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti:

  1. Usia Anda
  2. Panjang serviks Anda
  3. Feksibilitas atau kelenturan menstrual cup
  4. Apakah Anda memiliki aliran yang besar atau tidak
  5. Kapasitas penampung
  6. Kekuatan otot-otot dasar panggul Anda, jika Anda melahirkan secara normal

Cara menggunakan menstrual cup.

Jika anda pernah menggunakan tampon, Anda akan merasa relatif lebih mudah untuk memasukkan menstrual cup. berikut ini langkah-langkahnya.

  • Cuci tangan hingga bersih
  • Oleskan air atau pelumas berbahan dasar air ke tepi gelas
  • Lipat dengan kuat menstrual cup menjadi dua, pegang disatu tangan dengan tepi menghadap ke atas
  • Masukkan menstrual cup ke dalam vagina Anda seperti Anda akan tampon tanpa aplikator.
  • Setelah cangkir ada di vagina Anda, putarlah. Ini akan terbuka untuk membuat segel kedap udara yang menghentikan kebocoran.

Demikianlah kelebihan dan cara menggunakan Menstrual cup. jika Anda ingin menggunakan produk menstrual cup dan Anda ingin mengetahui informasi lebih banyak lagi tentang produk Menstrual cup, Anda bisa mendapatkannya di Aplikasi SehatQ.com. Aplikasi SehatQ.com  menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

Gunakan SehatQ untuk membantu Anda pada setiap tahap perjalanan kesehatan, dengan rekomendasi yang spesifik sesuai kebutuhan individu.

Baca Juga: